Sunday, 5 April 2020

RANGKUMAN TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS 5

RANGKUMAN TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS 5A
PKn
1.      Hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan mencerminkan kepedulian terhadap sesama, mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.
2.      Contoh hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan
·         Bekerjasama membetulkan lampu jalan yang mati
·         kerjabakti meratakan jalan yang berlubang
·         Kerjabakti membersihkan rumput di lapangan kompleks
3.      Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.
4.      Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.
5.      Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah.
6.      Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.
7.      Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Bahasa Indonesia
1.      Iklan
 Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.
2.       Mengidentifikasi iklan

Iklan pada gambar di samping merupakan iklan media cetak.
Unsur- unsur iklan :
a. nama produk
b. gambar yang menarik
c. kalimat iklan
d. keunggulan iklan
Informasi : Kandungan yang ada pada susu dapat membuat kita sehat, aktif dalam mengikuti kegiatan

 
 

3.      Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
             a.       Nama produk.    
             b.      Gambar yang menarik.
             c.       Kalimat iklan.
             d.      Keunggulan produk.
             e.       Harga produk.
             f.       Nomor telepon.
             g.      Alamat pengiklan
4.      Perhatikan iklan di bawah ini!


Iklan di atas mengandung makna mengajak masyarakat Indonesia untuk memperkuat persatuan.
5.      Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
3. Menggunakan kata konotasi positif.
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

IPA
1.      Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.
A.    Zat Tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.
B.     Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.
1.       Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.
2.      Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan.Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir
2.       Emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat  campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran. Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan  emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen

IPS
1.      Secara geografis Indonesia terletak di antara 2 samudera yaitu samudera Pasifik dan samudera Hindia serta terletak di antara 2 benua yiatu benua Asia dan Australia. Secara astronomi Negara Indonesia membentang antara 60LU-110LS dan 950BT dan 1410BT, yaitu dari  Sabang sampai Marauke.
2.      Kepulauan Indonesia


3.      Letak  kota  atau  tempat  pada  peta  dinyatakan  dengan  garis  bujur  dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°).  Garis  bujur  terbagi  dua, yaitu  bujur  barat (BB) dan bujur  timur  (BT). Garis lintang  juga  terbagi  dua, yaitu  lintang  utara (LU) dan lintang  selatan  (LS).
4.      Perhatikan peta Jawa Tengah di bawah ini!


Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota  Semarang sekitar 110°  BT dan  7°LS. Tunjukkan letak  Semarang pada  gambar peta di atas.
5.      Kenampakan alam/bentang alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu  ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.
a.       Kenampakan alam wilayah daratan
 gunung, pegunungan, bukit, dataran  tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta
b.      Kenampakan alam wilayah perairan
laut, selat, teluk, sungai, danau, rawa
6.      Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan  alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk  tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal.

SBdP
1.      Mengenal Tangga Nada Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 12345671 . Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.
2.      Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada. Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.
             a.       Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 -  1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

          b.      Tangga nada diatonis minor Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya  1-1/2-1-1-1/2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.
1.      Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.


2.      Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah  laras. Pada saat turun jaraknya tetap  sama.
3.      Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah  laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.
3.      Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih.
4.      Mengidentifikasi lagu
             a.       Judul lagu        : Air
              Ciptaan            : Yanti
             Tempo             : Sedang
             Birama             : 4/4
             Tangga nada    : Mayor
            b.      Judul lagu        : Gugur Bunga
Ciptaan            : Ismail Marzuki
Tempo             : Lambat
Birama             :
Tangga nada    : Minor
5.      Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada terdiri atas lima nada. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Urutan tangga nada pelog yaitu 1-3-4-5-7, contohnya lagu Suwe Ora Jamu. Urutan tangga nada slendro yaitu 1-2-3-5-6, contohnya lagu Lir-Ilir
6.      Mengidentifikasi lagu

Judul lagu : Suwe Ora Jamu
Ciptaan     : R.C. Hardjosubroto
Tempo      : Moderato
Birama      : 4/4
Jenis tangga Nada            : pelog

7.      Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya.  Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika yang dimainkan dengan cara ditiup

0 comments:

Post a comment

Contact Me

Name

Email *

Message *

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates