Saturday, 4 April 2020

RANGKUMAN TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS 5

RANGKUMAN TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS 5

IPA
1.      97% air yang menutupi bumi adalah air laut. Sedangkan 3% air di bumi merupakan air berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.
2.      Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
1.      Persyaratan secara fisik  yaitu tidak, tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, suhu antara 10o-25o C (sejuk), dan tidak meninggalkan endapan.
2.      Syarat kimiawi yaitu tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan, cukup yodium, pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2 3.
3.      Syarat mikrobiologi yaitu tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera
3.      Persyaratan air bersih berdasarkan kuantitas dan kualitas menurut Menteri Keuangan Kesehatan Republik Indonesia sbb :
a.       aman dan higienis
b.      baik dan layak
c.       tersedia dalam jumlah yang cukup
d.      mudah terjangkau oleh sebagian besar masyarakat
4.      Sumber air yang digunakan masyarakat berasal dari sumber air, sungai dan sumur yang ditampung dalam tangki penampung air yang ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.
5.      Kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian  adalah harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun.  Ketika mencuci sebaiknya tidak menggunakan air sadah.
Air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam.
6.      Kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman adalah air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman.
7.      Akibat berkurangnya cadangan air tanah
a.       mengakibatkan banyak mata air kering
b.      Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau
c.       penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
d.      hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.
8.      Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
a. Menghemat penggunaan air.
b.Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
c. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
9.       Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang :
a.       Polusi
b.      Membuang sampah dan limbah di aliran air
c.       Berkurangnya pepohonan
d.      Sedikitnya potensi penampungan air hujan
e.       Global warming
f.       pemakaian pupuk pestisida
g.      tumpahan minyak dari kapal-kapal pembawa minyak
10.  Akibat kekurangan air bersih
§  Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi.
§  Hasil panen berkurang.
§  Banyak hewan mati karena tidak adanya air
11.  Penghematan air :
  1. Mandi dengan pancuran lebih irit daripada mandi di bathtub. 
  2. Gosok gigi dengan keran tertutup. Bila membiarkan keran terbuka sepanjang satu menit saja artinya membuang 1 botol galon air bersih dalam sehari. 
  3. Membuat lubang biopori. Lubang ini akan mengikat air saat hujan. Air kemudian diikat sebagai sumber air tanah dan bisa menjadi suplai air bersih. 
  4. Memasang talang air. Dengan adanya talang, air hujan dapat disalurkan ke bidang yang lebih rendah misalnya selokan. Atau lebih baik lagi masuk ke sumur resap
  5. Mematikan air setelah mencuci tangan.
  6. Periksa kondisi sambungan antara pipa air dan keran air, pada setiap titik saluran air di dalam rumah. Jika ada kebocoran segera ambil langkah-langkah untuk mengatasi seperti menambal

SBdP
1.    Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa.
2.    Ciri-ciri karya gambar cerita
a.       Memperjelas ide cerita atau narasi.
b.      Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
c.       Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita
d.      Menceritakan urutan beristiwa
e.       Memuat gambar lebih banyak daripada teks cerita
3.     Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik basah. Teknik kering menggunakan media pensil, arang, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah menggunakan media berupa cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.
4.    Perhatikan gambar cerita di bawah ini!


Gambar tersebut merupakan cuplikan dari buku cerita bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang kekeringan. Ketam dan katak yang biasa hidup di situ menjadi sangat tersiksa. Mereka meminta pertolongan kepada Kakek Bangau. Merasa iba, maka Kakek Bangau terbang berkeliling mencarikan tempat berair bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga, lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.
5.      Perhatikan gambar cerita di bawah ini!

Gambar di atas merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai.
6.    Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
·         Persiapan Bahan dan Alat
·         Menentukan Tema
·         Pembuatan Sketsa
·         Penyelesaian Gambar

IPS
1.    Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi penduduk yang memanfaatkan faktor alam. Contoh kegiatan ekonomi agraris adalah pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan.
2.    Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
3.    Produksi
produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
Contoh kegiatan produksi
·         mengolah kacang kedelai menjadi tahu dan tempe
·         mengolah susu menjadi keju dan susu bubuk
·         mengolah daging ayam menjadi nuget
·         Pabrik kertas memproduksi buku
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.
Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan produksi dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
4.    Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
Pelaku kegiatan ditribusi sbb:
a.       pedagang besar/agen tunggal
b.      pedagang menegah/grosir
c.       pedagang eceran/pengecer (toko)
d.      importir
e.       eksportir
Contoh kegiatan distribusi :
·         pengiriman susu dari peternak sapi perah ke pabrik susu
·         pengiriman hasil produksi makanan ringan ke agen dan ke toko
·         pengiriman hasil pertanian ke pasar
5.    Konsumsi
 Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengor banan dapat berupa uang atau waktu .
Contoh kegiatan konsumsi :
·         saat beristirahat murid membeli jajanan di kantin sekolah
·         pemakaian baju untuk melindungi tubuh
·         saat pagi keluargaku makan bersama
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang :
·         kemampuan dalam menyediakan barang dan jasa
·         kemampuan dalam membeli barang dan jasa
·         tingkat harga barang dan jasa
·         tingkat pendapatan
·         selera dan tingkat kebutuhan
Tingginya konsumsi masyarakat mencerminkan tingkat kemakmuran masyarakat.
6.    Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu:
  • Tersedianya semua kebutuhan manusia baik barang maupun jasa
  • Meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat.
  • Semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan warga.
  • Tumbuhnya sikap saling menghargai sesama warga.
  • Tumbuhnya  rasa kebersamaan dalam mendukung keragaman.

6.          Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit.
No.
Jenis Usaha
Peran
Keuntungan yang Diperoleh
1.
Petani Kapas
Menghasilkan buah kapas
Memperoleh uang dari penjualan kapas
2.
Pemintal Benang
Mengubah serat kapas menjadi benang
Memperoleh jasa dari pekerjaannya
3.
Pemilik pabrik tekstil
Mengubah benang menjadi kain
Memperoleh keuntungan dari penjualan kain
4.
Pegawai pabrik tekstil
Melakukan proses produksi kain
Memperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil
5.
Penjahit
Mengubah kain menjadi pakain
Memperoleh jasa dari pemesan baju

7.      Peran pemirintah dalam perekonomian yaitu :
a.       Menjaga stabilitas ekonomi
b.      pengaturan dan pengawasan kegiatan ekonomi
c.       menyediakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat
d.      membelanjakan pendapatan negara untuk kebutuhan pemerintah

Bahasa Indonesia
1. Membuat kalimat tanya berdasarkan gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!

Berdasarkan gambar di atas buatlah kalimat tanya dan jawabannya!
1.  Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut? Gambar menunjukkan kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut reboisasi.
2.  Di mana kegiatan itu biasa dilakukan? Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di daerah perbukitan yang tandus serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau sekolah.
3.  Apa tujuan dari kegiatan itu? Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman berdaun hijau.
4.  Apa manfaat dari kegiatan itu? Manfaat dari kegiatan penanaman pohon: membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan tidur, menjaga daerah resapan air, menjaga cadangan air, menghasilkan oksigen, menjadi tempat tinggal bagi hewan menjadi sumber makanan bagi hewan dan manusia
2.      Setiap bacaan yang kamu baca memuat inti masalah. Inti masalah merupakan informasi penting yang dibahas dalam bacaan. Informasi penting dalam bacaan meliputi :
a. objek yang dibicarakan  (apa)
b. berkaitan dengan orang yang ada dalam pembicaraan (siapa)
c. berkaitan dengan waktu (kapan)
d. berkaitan dengan tempat (di mana)
e. berkaitan dengan alasan (mengapa)
f. berkaitan dengan uraian peristiwa (bagaimana)

PKn

1.      Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.
2.       Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
a.       Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
  1. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
  2. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
  3. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
3.      Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku:
-         Saling menghargai antar sesama
o   Bergotong royong antar sesama
o   Menolong jika sesama memerlukan
o   Saling bekerja sama antar sesama
4.      Macam Kebudayaan :
a.       Kebudayaan Jasmani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan, dilihat dan diraba. Contohnya arsitektur bangunan, rumah adat, pakaian adat, alat musik, senjata tradisional, makanan tradisional.
b.      Kebudayaan Rohani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat dilihat atau diraba. Contohnya ideologi dan kepercayaan

sumber : http://fujikana.blogspot.com/2019/04/

0 comments:

Post a comment

Contact Me

Name

Email *

Message *

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates