Saturday, 4 April 2020

Rangkuman Materi Tema 8 Subtema 2 Kelas 5

IPA
1.      Proses terjadinya air tanah:
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui proses penguapan. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air).
2.      Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah resapan air terdapat di hutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur tanah karena air yang meresap akan diserap akar di dalam tanah sehingga menyebabkan struktur tanah menjadi kukuh dan tidak mudah longsor.
3.      Kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air :
a.       kebakaran hutan
b.      penebangan pohon secara liar
c.       pembangunan gedung, pabrik dan perumahan
d.      pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton
e.       alih fungsi hutan atau gunung menjadi lahan persawahan
4.      Akibat jika daerah resapan air semakin berkurang
a.       banjir bandang
b.      longsor
c.       air cadangan menipis
d.      tanah menjadi kering dan pecah-pecah karena air dalam tanah menguap secara terus menerus
5.       Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:
a.       Menghemat penggunaan air
b.      Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah
c.       Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah. Akar pohon yang kuat akan mampu menyerap air dan mengikat air tanah.
d.      Mengurangi polusi, baik polusi udara, air dan tanah. Polusi udara akan mengakibatkan hujan asam yang bersifat meracuni  dan menyebabkan korosi pada logam. Polusi air mengakibatkan air tidak dapat digunakan dan meracuni makhluk hidup. Polusi tanah menyebabkan tanah dapat mencemari air tanah yang menjadi sumber air.
6.      Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian
7.      Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.
8.      Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.
9.      Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi
10.  Penyebab kelangkaan air
a.       musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang dan air hujan yang turun langsung diserap oleh tanah
b.      air sungai, danau yang surut menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan
11.  Akibat kelangkaan air
a.       sumur warga menjadi kering
b.      tanah menjadi kering dan tandus
c.       tanaman akan layu dan mati karena kekurangan aiar
Bahasa Indonesia
1.      Membuat diagram peristiwa berdasarkan bacaan “Siklus Air Tanah”
  



2.      Menyampaikan urutan peristiwa dari teks nonfiksi
a.         memahami isi teks
b.         menemukan peristiwa di setiap paragraf
c.         menuliskan urutan peristiwa

SBdP
1.      Perubahan lingkungan juga memengaruhi budaya, termasuk tarian. Tarian daerah berkembang mengikuti perubahan. Namun, perkembangan itu juga masih mengikuti aturan dasar tari, termasuk pola lantai.
2.      Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok
3.      Garis imajiner juga dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian.
4.      Pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung.
5.      Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.
6.      Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.
7.      Perhatikan bentuk pola lantai yang dilalui penari di bawah ini!

Bentuk pola lantai yang dibuat formasi penari di bawah ini!


8.      Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah.
9.      Gambar dan nama tari

10.  Iringan Tari
a.       iringan internal adalah iringan tari yang berasal dari tubuh manusia seperti tepukan tangan, hentakan kaki, dan suara-suara dari mulut (siulan atau nyanyian)
b.      Iringan eksternal adalah iringan  tari yang menggunakan alat musik ada yang berupa alat musik tradisional/alat musik modern, serta iringan lagu yang diputar dari tape recorder

11.  Makna Pola lantai pada tari daerah :
a.  
Tari Bedhaya berasal dari Yogjakarta. Pada Tari Bedhaya ada pola lantai yang dikenal dengan nama rakit lajur. Pola lantai rakit lajur bermaksud menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia, yaitu cahaya, rasa, sukma, nafsu, dan perilaku. Berdasarkan koreograinya tari Bedhaya termasuk jenis tari klasik.
b.
Tari Jaran Kepang berasal dari Jawa Tengah/Yogjakarta. Tari ini memiliki pola lantai horisontal, namun tidak memiliki makna apapun. Berdasarkan bentuk koreografi termasuk dalam jenis tari rakyat.

12.  Perhatikan poster di bawah ini!

Poster di atas mengajak masyarakat untuk hemat air, karena air merupakan sumber kehidupan.

IPS
1.      Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.
2.      Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut:
a.       Usaha Pertanian
b.      Usaha Perdagangan, contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.
c.       Usaha Jasa
contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, rental mobil, dan penjualan pulsa. 
d.      Industri Kecil
Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel
3.      Usaha ekonomi kelompok ini dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan. Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut :
a.       Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Perusahaan milik negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero). BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi.
Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.
o   Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.
o   Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
Contoh BUMN : PT. KAI, Pertamina, PLN, Telkom
b.      Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut :
·         Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu. Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan
·         Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini dimungkinkan jika firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.
·         Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal. Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Bagi perseroan yang ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.
·         Koperasi
-          Koperasi bertujuan menyejahterakan anggotanya
-      landasan idiil koperasi adalah Pancasila
-      landasan mental koperasi adalah kesadaran pribadi dan kesetiakawanan
-      landasan operasional koperasi adalah AD dan ART Koperasi dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
-          landasan konstitusional/struktural koperasi sesuai dengan UUD 1945 khusunya pasal 33 ayat (1) 
-          Bapak Koperasi Indonesia adalah Drs. Moh. Hatta, karena beliau yang pertama kali mengembangkan usaha koperasi.
-          Asas koperasi adalah kekeluargaan
-          Bentuk koperasi :
a.       Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
b.      Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menyediakan layanan simpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota. Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota
c.       Koperasi produksi, yaitu koperasi yang menyediakan bahan baku produksi dan menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, dan sapi perah.
d.      Koperasi jasa, yaitu koperasi yang menyediakan layanan atau jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.
e.       Koperasi serbausaha, yaitu koperasi mengelola berbagai jenis usaha, misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, koperasi unit desa (KUD)
PKn
1.      Tradisi rasulan dilakukan oleh warga Gunung Kidul di Provinsi DI Yogyakarta, tujuannya melestarikan  jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, semangat kekeluargaan  dan sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga serta melestarikan kesenian daerah.
2.      Contoh adat istiadat / tradisi dalam masyarakat :
No.
Nama adat istiadat
Peristiwa
Makna
1.
Tumpengan
Ulang Tahun
Bersyukur kepada Tuhan atas usia yang diberikan
2.
Neloni dan Mitoni
Kehamilan
Agar tak terjadi hal buruk pada calon anak yang dikandungnya serta ia akan diberi kemudahan dalam melahirkan kelak.
3.
Brobosan
Kematian
Agar orang yang meninggal mendapatkan tempat yang baik di akhirat
4.
Selapanan
Bayi berumur 35 hari
sebagai ucapan syukur dan doa bagi si bayi agar diberkati Tuhan
5.
Upacara Turun Tanah
Bayi berumur 7/8 bulan
bertujuan agar bayi tumbuh menjadi anak yang mandiri.

3.      Untuk melestarikan budaya  kita harus memiliki kesadaran untuk terus melakukan kebiasan yang menjadi tradisi baik dalam adat istiadat maupun ritual keagamaan.
4.      Sikap menjunjung adat istiadat dan ritual keagamaan dapat memperkaya khazanah budaya bangsa.
5.      Keunikan desa di Bali :
a.       Desa Truyan
Penguburan mayat di desa ini diletakkan di bawah pohon taru menyan. Pohon ini mengeluarkan aroma harum, sehingga mayat tidak berbau busuk.
b.      Desa Penglipuran
Keunikan desa ini terletak pada tata ruang kelola desa. Desa ini sangat bersih bebas polusi karena tidak ada kendaraan bermotor, penataan bangunan yang rapi, dan keramahan penduduk.
c.       Desa Tenganan
Keunikannya memiliki peraturan ketat dalam melindungi dan melestarikan hutan adat. 
d.      Desa Batubulan
Keunikannya sebagai pusat kesenian sepeti patung, berbagai ukiran, pusat batik Bali cap Galuh, tari-tarian khas Bali.
6.      Sikap kita terhadap budaya daerah :
a.       menghargai budaya daerah lain
b.      tidak segan untuk mempelajari budaya lain
7.      Manfaat budaya dalam masyarakat :
a.       mempererat kerukunan/persaudaraan antar warga
b.      memperkokoh persatuan
c.       menjadi objek wisata dan warisan dunia
d.      menjadi ciri khas daerah
e.       memperkaya budaya bangsa

0 comments:

Post a comment

Contact Me

Name

Email *

Message *

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates